Kegiatan KampusKOPI 12

Keren! Pramuka di Era Digital Jago Bikin Film

JAKARTA – Komunitas Film Pramuka regional DKI Jakarta menggelar Seminar Film bertajuk “Melalui Film, Pramuka Siap Bersaing dengan Karya di Era Digital” di Aula Universitas Mathla’ul Anwar, Jakarta pada Selasa, 3 April 2018. Kegiatan perdana komunitas ini diikuti 300 Pramuka dari wilayah Jabodetabek.

“Kami berharap teman-teman Pramuka bisa menciptakan, bisa melahirkan karya-karya audiovisual yang bisa menghiasi jagat maya dengan konten-konten yang baik. Kami juga berharap agar teman-teman Pramuka tergerak untuk membuat film-film yang baik dan bermutu, bisa versi Pramuka, bisa ala Pramuka, anak-anak Pramuka yang menciptakan itu,” kata Pendiri Komunitas Film Pramuka, Kak Dwi Nurwahyudi.

Berdasarkan pantauan di lokasi seminar, para peserta tampak antusias mendengarkan pemaparan para pemateri. Kala sesi tanya-jawab dibuka oleh moderator, mereka mengangkat tangannya untuk bertanya kepada pemateri.

“Mereka belajar seputar pengenalan film, seperti story development, membuat script, editing film, post production, sampai nanti distribusi karya. Ini masih tahap pengenalan, yang setelah ini harapannya ada (pelatihan) membuat film yang lebih spesifik,” ungkap dia.

Pemateri seminar film tersebut adalah Kak Habibi Yukezain, Kak Hariqo Wibawa Satria dan Kak Olivia Zalianty. Ketiganya adalah Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Kominfo. Pemateri lainnya adalah Kak Iqbal Rezeki Awal, Owner Barbershot dan Kak Riki Aditia Irawan, Anggota Tim Siber Kwarnas Gerakan Pramuka.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Kominfo, Kak Hariqo Wibawa Satria menjelaskan, banyak kegiatan Pramuka di daerah yang tidak terjangkau oleh televisi atau media lain. Padahal, tegas dia, kegiatan yang diadakan bagus-bagus. Saat itulah dibutuhkan kemampuan anggota Gerakan Pramuka untuk melaporkan kegiatannya dan merekamnya dengan ponsel.

“Gerakan Pramuka punya tagline setiap Pramuka adalah kantor berita. Tujuannya, pertama, setiap Pramuka mempunyai kesadaran sebagai pemilik, pemimpin redaksi, sekaligus wartawan bagi akun media sosialnya masing-masing. Jadi, setiap Pramuka mempunyai tanggung jawab sosial dengan medsosnya. Kedua, setiap Pramuka mempunyai kemampuan memberitakan kegiatan Pramuka, produk lokal, pemuda berprestasi, pariwisata, kuliner, budaya, potensi daerah, dan lain-lain di medsos,” paparnya. (MSA/AK)

sumber : https://pramukapos.com/pramukapos/keren-pramuka-di-era-digital-jago-bikin-film.html

Tags
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close